Cara Mencairkan JHT Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan di Luar Daerah




Selamat wayah kie sobat, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara mencairkan JHT Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan diluar daerah/diluar alamat KTP. Hal ini guna menjawab pertanyaan beberapa sobat yang beberapa waktu yang lalu. 

Pada dasarnya cara atau syarat  mencairkan JHT Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan diluar daerah/alamat KTP itu sama saja dengan ketika mencairkan JHT Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan didaerah sesuai alamat KTP sobat. Hal utama yang harus sobat perhatikan ketika ingin mencairkan JHT yaitu sobat harus sudah benar-benar berhenti bekerja dengan dibuktikan oleh adanya paklaring/surat keterangan sudah berhenti bekerja dari perudsahaan bekas sobat bekerja. Ada pun berkas yang harus sobat persiapkan dan dibawa ketika akan mencairkan JHT adalah sebagai berikut :

1.       KPJ asli (wajib)
2.       KTP asli + Copy (wajib)
3.       KK asli + Copy (wajib)
4.       Paklaring asli + Copy (wajib)
5.       Buku Tabungan (jika ada)

Dan khusus bagi sobat yang akan mencairkan JHT diluar alamat KTP wajib melampirkan Surat Keterangan Domisili dari Desa/Kelurahan dimana sobat akan mencairkan. Contoh KTP sobat KTP Bandung dan saat ini sobat berada di Bekasi dan bermaksud mencairkan JHT di Kantor BPJS Ketenagakerjaan wilayah Bekasi. Sobat harus membuat Surat Keterangan Domisili untuk dilampirkan bersama berkas lainnya ketika akan mencairkan JHT. Surat Keterangan Domisili tersebut dapat sobat buat dengan cara mendatangi ketua RT dimana sobat berdomisili.

Jika semua berkas persyaratannya sudah lengkap datanglah ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan sesuai alamat domisili sobat. Pada hari Senin – Jum’at. Saya sarankan datanglah pagi-pagi sekali, bila perlu pagi-pagi buta biar dapat nomor antrian awal hehe….. Setelah sobat tiba di Kantor BPJS Ketenagakerjaan ambilah nomor antrian pengambilan JHT dimesin nomor antrian. 

Setelah dapat nomor antrian mintalah formulir untuk pencairan JHT kepada security/satpam yang biasanya berada tidak jauh dari mesin nomor antrian.
Isi formulir dengan lengkap dan benar, apabila ada yg kurang dimengerti dapat bertanya pada security/satpam. Setelah terisi formulirnya silahkan duduk di kursi yang tersedia untuk mengantri sampai nomor antrian sobat dipanggil oleh kasir. Jika sudah dipanggil oleh kasir serangkan formulir yang tadi sobat isi beserta berkas-berkas lainnya kepada kasir untuk diverifikasi. Jika semuanya sudah dinyatakan Ok dan sobat sedang beruntung, sobat akan diarahkan untuk mencairkan uang JHT sobat di Bank tapi jika kurang beruntung karena antrian yang akan mencairkan JHT sudah terlalu banyak, sobat hanya akan diberi nomor penjadwalan ulang untuk dating kembali kekantor BPJS Ketenagakerjaan sesuai jadwal yang mereka tentukan.

Cukup sekian dulu postingan saya kali ini, mohon maaf bila ada kekurangan yang tidak sobat mengerti.

BACA JUGA ARTIKEL :

Cara Mengganti Oli Transmisi/Oli Gaerdan Honda Beat Fi
Berbagai Cara Memodifikasi Honda Beat
Cara Mencairkan JHT Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan di Luar Daerah

Cara Membuat Saklar Kontak Rahasia Honda Beat Fi

Cara Mencairkan JHT Bpjs Ketenagakerjaan 2016

Klaim JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan Anda Secara Online Disini
Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
Unknown
admin
2 July 2018 at 00:25 ×

KTP saya yogyakarta tapi saya bekerja di sumatera lalu bila ingin mencairkan JHT ditempat sesuai dengan KTP untuk paklaring/surat keterangan sudah berhenti bekerja dari perusahaan ke Dinsosnakertrans dialamatkan ke Dinsosnakertrans kota tempat bekerja atau Dinsosnakertrans sesuai KTP?

Reply
avatar
Unknown
admin
9 November 2018 at 00:03 ×

Alamat saya di kota pekanbaru ( Riau) bisakah saya cairkan dana bpjs keketenagakerjaan di kota Rengat kabupaten Indragiri Hulu ( Riau )???

Reply
avatar
Unknown
admin
25 January 2019 at 15:30 ×

KTP saya kan semarang mau saya mencairkan di kab bogor karena saya perantauan KK yg asli kan tdk dibawa hanya bawa foto copy yg sudah dilegalisir disdukcapil kota asal apakah bisa ?

Reply
avatar
Unknown
admin
11 January 2020 at 07:20 ×

Mau nanya saya bekerja di kabupaten sidoarjo tapi mau ambil jht di tempat saya tinggal d kabupaten pasuruan apa bisa kan paklaringnya alamat sidoarjo..dan apa saja persyaratanya trims..

Reply
avatar