Cara Membuat Blog Bagi Pemula Dan Cepat Terindex Google

Cara membuat blog bagi para pemula. Sebelumnya kepada para suhu saya mohon ma'af kalau tulisan saya kali ini kurang bermanfaat bagi para suhu yang pastinya tidak asing dengan cara membuat blog seperti ini. Saya sengaja memposting cara membuat blog bagi para pemula ini memang khusus ditujukan bagi rekan-rekan saya yang mungkin membutuhkan info mengenai cara membuat blog bagi para pemula sama seperti saya dulu ketika pertama kali ingin belajar membuat blog selalu mencari artikel seperti ini yaitu cara membuat blog bagi para pemula.

Baiklah untuk mempersingkat waktu dan menghemat kuota internet saya hehe.... kita lanjut saja ke bahasan saya kali ini yaitu cara membuat blog bagi para pemula :
 
Sebelum membuat blog salah satu hal utama yang harus sobat siapkan adalah membuat akun email gmail google.

Jika email google sobat sudah siap, silahkan masuk ke http://www.blogger.com/home


Setelah masuk ke http://www.blogger.com/home sobat akan dibawa pada tampilan berikut. Silahkan pilih bahasa yang sobat lebih pahami kemudian untuk lebih mudahnya silahkan klik Buat Profil Blogger Terbatas.


Masukan nama tampilan blog sobat,kali ini saya beri contoh nama tampilan Blogger saya "Anjani" Setelah kolom nama tampilan di isi selanjutnya klik > Lanjutkan Ke Blogger 


Berikutnya sobat akan dibawa kedalam tampilan seperti ini dan selanjutnya silahkan sobat klik > Blog Baru 


Selanjutnya sobat akan dibawa ketampilan berikut. Pada kolom Judul silahkan isikan dengan judul blog yang ingin sobat buat dan pada kolom Alamat silahkan isikan dengan URL alamat blog sobat



Contoh saya isikan kolom Judul dengan Blog Pemula sementara untuk Alamat saya isikan dengan blog-barubingit.blogspot.com. Setelah itu klik salah satu template dasar yang ada, selanjutnya klik > Buat Blog




Berikut hasil sementara tampilan blognya sobat :


Selanjutnya kembali ke Dasboard (http://www.blogger.come/home) Untuk mulai memposting kiriman silahkan klik >Entri Baru



Buat Entri Baru perhatikan petunjuk pada gambar-gambar berikut :


Cara upload gambar dari perangkat yang ada Klik Icon > Insert Image Kemudian Klik > Pilih File




Lalu Klik> Add Selected


Jika semua sudah di anggak selesai Klik > Publikasikan 


Otomatis sobat akan dibawa ke halaman beriku ini. Dan untuk melihat hasil postingan pertama sobat silahkan klik > Lihat Blog pada bagian atas dashboard.


 Ini hasil postingan pertama blog yang sobat buat :


Lalu bagaimana caranya agar blog yang baru cepat terindex oleh mesin pencari google ?
Berikut saya coba bahas caranya. Pertama yang harus sobat lalukan adalah buka tab baru lalu masuk ke Dasboar Search Console ( https://www.google.com/webmasters/tools/dashboard ) seperti biasa masuk menggunakan email dan password gmail. Setelah dapat masuk ke dashboard search console silahkan masukan alamat URL blog sobat pada area seperti contoh gambar dibawah ini lalu Klik >Tambah Properti



Pada tampilan Verifikasi Kepemilikan silahkan Klik > Mode Alternatif, Pilih Tag HTML kemudia copy code seperti contoh gambar yang saya tandai pada gambar dibawah


Setelah Code sobat copy silahkan kembali ke Dasboard Blog ( http://www.blogger.come/home ) dan sementara biarkan halaman search console milik sobat tetap terbuka jangan ditutup dulu sampai proses verifikasi selesai. Setelah masuk kembali ke dashboard blog klik >Template kemudian Klik >Edit HTML


Lalu cari code :
<head>
........
</head>
<body
Kemudian letakan code yang tadi sudah sobat copy tepat dibawah kode <head> lihat gambar contoh dibawah ini. Jika codenya sudah diletakan dengan benar sesuai gambar contoh selanjutnya Klik >Simpan Template


Proses terakhir sobat harus kembali ke halaman Search Console yang tadi sementara sobat tinggalkan kemudian Klik >Verifikasi


Jika berhasil inilah hasilnya dan itu artinya blog sobat sudah terdaftar di index google






Cukup sekian dulu postingan saya hari ini, kurang lebihnya saya mohon ma'af dan semoga ada manfaatnya.

Baca artikel lainnya silahkan klik link di bawah ini :
Previous
Next Post »